(RESPON 2) KOMUNIKASI DAN KINERJA
Kinerja adalah hasil kerja dari seorang karyawan yang telah
diberi tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang telah diberikan. Dalam mendelegasikan tugas tentu dibutuhkan
komunikasi antara si pemberi tugas dan si pengemban tugas. Dalam hal ini,
komunikasi berperan penting dalam pemberian job description kepada bawahan.
Konsep kerja yang telah jelas dan sistematis tentu memudahkan kinerja pegawai
serta menghidari adanya misskomunikasi.
Tingkat keberhasilan Kinerja pegawai ditentukan oleh
beberapa faktor, diantaranya faktor kemampuan, motivasi, skill dan kondisi
tubuh. Dalam kinerja pegawai juga perlu diadakan pengukuran agar dapat dijadikan
dasar ataupun tolak ukur sejauh mana tingkat kemajuan pegawai dan sebagai bahan
evaluasi kerja pegawai agar melaksanakan tugas secara efektif. Ada 6 kriteria
utama yang digunakan untuk mengukur kinerja, yaitu:
1.
Quality, yaitu sejauhmana proses atau hasil
pelaksanaan kegiatan mendekati kesempurnaan atau sesuai keinginan.
2.
Quantity, yaitu seberapa jumlah yang dihasilkan
dari kinerja tersebut
3.
Timelines, yaitu kurun waktu yang digunakan
dalam mengerjakan suatu tugas
4.
Cost effectivieness, yaitu tingkat sejauh mana
penggunaan daya suatu organisasi secara efektif
5.
Need for Supervisor, yaitu tingkat sejauh mana
seorang pegawai dalam melaksanakan suatu fungsi pekerjaan tanpa pengawasan
supervisor untuk mencegah tindakan yang tidak diinginkan
6.
Interpersonal impact, yaitu tingkat sejauh mana
karyawan atau pekerja memelihara harga diri, nama baik dan kerjasama dalam
lingkungan kerja.
Selain itu, ada 7 elemen dalam
meningkatkan kinerja, yaitu:
- strategi
- struktur
- sistem
- skill
- staff
- style
- shared values
0 komentar:
Posting Komentar