(Respon 5)
Public relation
(PR) atau yang akrab telinga masyarakat yaitu Hubungan masyarakat mempunyai
peran penting dalam organisasi.
Public
relation berfungsi sebagai komunikator dari organisasi untuk menyebarluaskan
informasi tertentu kepada khalayak ramai/ public baik publik internal maupun
eksternal. Kegiatan PR diantaranya penyebaran informasi, penggiatan persuasi
dan pengkajian pendapat umum. Dalam PR menggunakan dua model komunikasi, yaitu
asimetris satu arah dan asimetris dua arah. Contoh media yang digunakan dalam
asimetris satu arah misalnya televisi sedangkan asimetris dua arah misalnya
social media yang dapat memberikan umpan balik, jawaban dari pertanyaan publik.
Selain itu PR sebagai salah satu fungsi manajemen yang membangun dan menjaga
hubungan yang baik yang dapat mempengaruhi organisasi.
Selain
menjaga hubungan baik, PR juga berperan sebagai creator, yaitu menciptakan
ide-ide baru; sebagai conseptor yaitu pengonsep program-program PR; sebagai
mediator, yaitu kemmpuan komunikasi yang baik yang dapat digunakan sebagai
saluran informasi organisasi; sebagai problem solver, skill yang dapat
memecahkan masalah yang dihadapi.
0 komentar:
Posting Komentar