07
Juni

(Respon 5)
Public relation (PR) atau yang akrab telinga masyarakat yaitu Hubungan masyarakat mempunyai peran penting dalam organisasi.
                Public relation berfungsi sebagai komunikator dari organisasi untuk menyebarluaskan informasi tertentu kepada khalayak ramai/ public baik publik internal maupun eksternal. Kegiatan PR diantaranya penyebaran informasi, penggiatan persuasi dan pengkajian pendapat umum. Dalam PR menggunakan dua model komunikasi, yaitu asimetris satu arah dan asimetris dua arah. Contoh media yang digunakan dalam asimetris satu arah misalnya televisi sedangkan asimetris dua arah misalnya social media yang dapat memberikan umpan balik, jawaban dari pertanyaan publik. Selain itu PR sebagai salah satu fungsi manajemen yang membangun dan menjaga hubungan yang baik yang dapat mempengaruhi organisasi.
                Selain menjaga hubungan baik, PR juga berperan sebagai creator, yaitu menciptakan ide-ide baru; sebagai conseptor yaitu pengonsep program-program PR; sebagai mediator, yaitu kemmpuan komunikasi yang baik yang dapat digunakan sebagai saluran informasi organisasi; sebagai problem solver, skill yang dapat memecahkan masalah yang dihadapi.

   

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Diberdayakan oleh Blogger.
Powered by Calendar Labs

Popular Posts

About

Blogger Widgets
WidgetBlog Rangga

Search