31
Mei

Respon 3 : Iklim Organisasi dan Iklim Komunikasi Organisasi

Iklim, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia didefinisikan sebagai suasana, atau keadaan. Sedangkan iklim organisasi itu sendiri menurut Davis and Hewstrom adalah lingkungan dimana para karyawan suatu organisasi melakuan pekerjaan mereka.
Menurut Gibson, Ivancevich dan Donelly iklim organisasi adalah serangkaian keadaan lingkungan yang dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh karyawan.
Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa iklim organisasi adalah serangkaian keadaan/suasana yang ada dalam lingkungan organisasi yang dapat mempengaruhi organisasi itu sendiri dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam organisasi terdapat pula iklim komunikasi. Nah, iklim komunikasi inilah salah satu faktor  pembentuk  iklim organisasi. Hubungan komunikasi setiap pegawai yang  terjalin dengan baik ataupun buruk, akan mempengaruhi cara hidup orang-orang dalam sebuah organisasi dan tentu saja mempengaruhi perkembangan organisasi. Iklim Komunikasi memberi pedoman bagi keputusan dan perilaku individu. Keputusan yang diambil oleh masing-masing individu untuk melaksanakan pekerjaan secara efektif, bersikap jujur dalam bekerja, meningkatkan loyalitas, ataupun  untuk mendukung rekan kerja  lainnya. 
Iklim organisasi bisa menjadi sangat baik, baik, sedang, cukup baik atau kurang baik. Sedangkan iklim komunikasi bisa sangat efektif, efektif, cukup efektif, kurang efektif, bahkan tidak efektif.
Hal yang sangat penting diperhatikan oleh pemimpin dan karyawan adalah bagaimana menciptakan komunikasi yang baik sehingga iklim yang terbentuk adalah iklim komunikasi yang positif.
Jadi, apa yang mempengaruhi iklim komunikasi organisasi?




0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Diberdayakan oleh Blogger.
Powered by Calendar Labs

Popular Posts

About

Blogger Widgets
WidgetBlog Rangga

Search